Mengenal Ikan lele

By
Advertisement
Ikan lele adalah ikan yang paling populer untuk dibudidayakan, terutama bagi para pemula yang sedang belajar budidaya ikan. Ikan lele banyak digemari untuk dibudidayakan karena selain lebih mudah dalam penanganan, konsumenya pun sangat banyak sehingga dalam pemasaran lebih mudah.

Ikan lele atau nama latinya Clarias batrachus ini pada dasarnya adalah ikan yang hidup dirawa-rawa. sehingga sangat cocok untuk dibudidayakan di air Diam. Ikan lele bisa hidup dilumpur dan perairan dengan kelembaban tinggi. Sehingga tidak membutuhkan banyak air.

Untuk membudidayakan lele kita harus tahu kebiasaan-kebiasaan dari ikan ini. Sehingga bagi anda yang yang masih pemula dapat mengurangi resiko kematian ataupun menghemat biaya pakan.

Diantara yang harus kita pelajari dari ikan lele adalah sebagai berikut:
  1. Kebiasaan Makan : Ikan lele tergolong sebagai pemakan segala atau sering kita sebut omnivora, Ikan lele menyukai kebiasaan makan dimalam hari, namun untuk dibudidayakan ikan lele bisa menyesuaikan diri di siang hari.
  2. Kebiasaan Berkembang Biak Ikan lele : Ikan lele pada dasarnya melakukan kawin pada musim hujan. Sebelum memijah ikan lele membuat lubang-lubang kecil terlebih dahulu. dan suhu yang dibutuhkan untuk menetas antara 25-32 derajat Celcius.
  3. Memilih Indukan Yang Bagus : Untuk bisa mendapatkan Hasil yang maksimal dalam budidaya lele.Kita harus memiliki indukan yang bagus. Untuk mengetahui induk yang bagus seperti apa akan kita bahas di artikel tersendiri tentang Cara Memilih Indukan lele yang bagus.
  4. Pemijahan yang benar
  5. Pembesaran Ikan lele.
  6. Pemberian pakan Alternatif.
Itulah sedikit artikel tentang pengenalan ikan lele sebelum kita membudidayakanya.

*sumber gambar : http://www.scotcat.com/articles/batrachus1.jpg

0 comments:

Post a Comment